Skip to content

PERISTIWA YANG MENIMPA SUPER JUNIOR T_T

April 26, 2011

Kecelakaan Mobil 19 April

Pada 19 April, 2007 pukul 12:20 KST, empat anggota Super Junior (Shindong, Eunhyuk, Kyuhyun dan Leeteuk) dan dua manajer terlibat dalam kecelakaan mobil. Sopir kehilangan kendali kendaraan dan van terbalik pada sisi kanan, bertabrakan dengan trotoar.

Kyuhyun, yang duduk di belakang kursi pengemudi ketika kecelakaan itu terjadi, terluka parah dengan patah tulang pinggul, pneumotoraks dari tulang rusuk, dan goresan dan memar. Kyuhyun juga terus menyelinap masuk dan keluar dari kesadaran untuk beberapa hari setelah kecelakaan itu terjadi. Leeteuk menderita goresan di punggungnya dan wajah, dan harus menerima jahitan. Dia melakukan operasi dan berhasil mengeluarkan pecahan kaca di punggungnya, dan menerima total 170 jahitan di kedua punggung dan wajahnya.

Shindong dan Eunhyuk, yang paling tidak terluka hanya dengan beberapa luka, goresan, dan memar, keduanya dibebaskan pada 23 April 2007. Leeteuk dan Kyuhyun pulih lebih cepat dari yang diharapkan, dan Leeteuk diperbolehkan pulang dari rumah sakit pada 30 April, 2007. Kyuhyun dipulangkan dua bulan kemudian pada tanggal 5 Juli 2007.

Kondisi terburuk Kyuhyunnie, April 2007, karena kecelakaan mobil T__T, tulang rusuknya patah, luka-luka memar yang parah, kakinya sampai harus diangkat di kamar rawatnya, koma selama 4 hari dan bahkan sempat tidak mengenali orang tuanya sendiri. Dokter mengatakan paru-parunya berwarna putih, padahal paru-paru normal berwarna hitam/gelap, karena menandakan  terisi oksigen. Kyuhyun sempat tidak bisa bicara selama beberapa saat ketika dia telah sadarkan diri karena shock.

Mobil yang membawa anggota Super Junior [Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, dan Kyuhyun] mengalami selip dan terbalik selama 10 detik. Mereka semua terlempar keluar dari mobil, tapi yang paling jauh terlempar adalah Kyuhyun, sekitar 6 meter dari mobil. Sebelumnya dia duduk tepat di belakang sopir.

Yang memakai sweater hitam adalah Shindong, mencoba menemani Leeteuk, leader SJ, yang terbaring di jalan. Eunhyuk saat itu sedang mencari Kyuhyun dan menemukan Kyuhyun hampir pingsan. Eunhyuk memegang tangan Kyu dan mereka berdoa bersama agar selamat sebelum akhirnya Kyuhyun kembali tak sadarkan diri dan koma selama 4 hari setelah itu.


Shindong dan Eunhyuk mengalami luka-luka ringan, wajah Leeteuk tertutup darah sehingga pada awalnya yang dikira paling kritis adalah Leeteuk, bukan Kyu. Kebetulan saat itu juga Kyu memakai sweater hitam sehingga mungkin darahnya tidak nampak. Leeteuk mendapat 150 jahitan di wajah dan punggungnya. Road manajer SJ yang mengendarai mobil juga mengalami luka-luka, tapi tidak separah Kyu yang justru duduk di belakangnya.

Kepolisian Kang Nam menyatakan penyebab kecelakaan ini adalah selip ban, tapi orang dalam SME mengatakan hal yang lain. Jadwal yang padat dan kondisi road manager yang kelelahan adalah faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan di antara artis-artis Korea. Terkait dengan penjualan album yang minim dan jangka waktu kepopuleran yang terbatas karena usia, manajemen artis menerima semua tawaran promosi untuk artis mereka, tak mengindahkan tempat dan waktu, demi menaikkan ketenaran sang artis. Sebagai hasilnya, banyak artis yang harus setiap saat mengadakan perjalanan keliling Korea bahkan Asia sembari bekerja, meski itu di hari libur Natal sekalipun.

Lihat saja jadwal Super Junior di bawah ini pada saat kecelakaan itu terjadi, benar-benar super padat… heran juga bagaimana mereka bisa me-manage semuanya dalam sehari. Anggota Super Junior terlibat dalam berbagai macam show di berbagai provinsi yang berbeda di Korea.

06:20: Photo shoot at Studio A at Shinsa, Kangnam
07:40: MBC Studio to film “Sunday Sunday Night” at Yeouido
08:40: SBS Studio to film “Real Situations Saturday” at Ill-San
10:30: Ae-Kyung Department Store fan sign meeting at Soo-Won
11:50: Festival at Soo-Won University
13:00: Photo shoot at Stuido A at Shinsa, Kangnam
14:00: KBS Studio to film “Show Music Bank” at Yeouido
16:00: LG Department Store fan sign meeting at Buchun
18:00: Showcase at Coex Mall at Samsung, Kangnam
22:00: Yoo Sung Night club performance at Dae Jun
01:00: KBS radio showSukira, Super Junior Kiss the Radio
03:00: Music Video filming at Bulam Shan
05:00: Return Home

Sebagai tambahan dari jadwal mereka yang super padat, kondisi buruk pengemudi alias road manager meningkatkan kecenderungan penyebab terjadinya kecelakaan di kalangan artis. Sudah menjadi rahasia umum kalau road manager sering ngebut di jalan untuk bisa mencapai tujuan show berikutnya, tapi kesehatan mereka terabaikan. Gaji seorang road manager terendah dari semua hal yang menyangkut manajemen artis, mereka mendapatkan gaji kurang dari $500 per bulan tapi mereka mengerjakan semua hal yang sulit untuk artis mereka. Mereka mengemudikan mobil, mencarikan makan, membawa pakaian, berlarian ke sana kemari, untuk memastikan artis mereka terpenuhi kebutuhannya. Karena road manager menghabiskan seluruh waktu dan energinya untuk sang artis, mereka jadi kurang tidur dan kurang diperhatikan makanannya untuk jangka waktu yang lama, bahkan pada kasus-kasus ekstrim, road manager bisa bekerja tanpa istirahat selama 3 hari berturut-turut.

Seperti yang kita tahu, jadwal yang super padat dan pengemudi yang lalai karena kelelahan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan mobil Super Junior pada pagi buta itu. Sekarang waktunya bagi company besar macam SM Entertainment untuk berhenti menyalahkan penjualan album yang merosot ataupun jangka waktu kepopuleran artis yang terbatasi usia dengan menerima sebanyak mungkin tawaran promosi tanpa mempedulikan kondisi road manager dan artis itu sendiri. Setidaknya pikirkan strategi yang lebih baik dan manusiawi dalam promosi album dengan membuat sang artis nyaman dan meningkatkan gaji road manager sekaligus memperhatikan kesejahteraannya. Karena, sekali lagi,siapa lagi yang akan mempromosikan bisnis anda –para petinggi SM—jika artis anda serta road manager anda harus dilarikan ke rumah sakit dan berjuang melawan maut?

#Informasi yang aku tulis di sini sebagian adalah hasil interview Kyuhyun di acara tersebut. Informasi tentang kondisi road manager dan buruknya manajemen artis Korea aku dapatkan dari berbagai sumber, terutama dari forum fans Kyuhyun Internasional.




No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • %d blogger menyukai ini: